YouTube Hapus Video Gerilyawan Muslim

Written By Dunia Islam on Jumat, 09 April 2010 | 00.25

CALIFORNIA - Youtube menghapus sebuah video yang menampilkan pimpinan kelompok gerilyawan Muslim Islamic Emirate of the Caucasus, Doku Umarov. Google, selaku pemilik Youtube melakukan hal itu setelah mendapat protes dari warga Rusia.

Umarov dikenal sebagai pimpinan kelompok yang bertanggung jawab atas ledakan bom di Moskow 29 Maret 2010.

"Video pertama yang berisi tentang pernyataan Umarov tentang bom bunuh diri telah kami hapus, kemarin," kata juru bicara Google Rusia Alla Zabrovskaya, seperti dilansir Terranet, Rabu (7/4/2010).


"Kami menariknya setelah banyaknya pengguna internet yang mengadukan dan melakukan protes. Moderator kami menilai video tersebut berisi tentang propaganda, kekerasan, kebencian, dan intimidasi, dan itu melanggar aturan di Youtube," tambah Zabrovskaya.

Dalam video-nya Umarov mengatakan ia secara pribadi memerintahkan serangan tersebut. Ia menambahkan bahwa serangan-serangan terhadap Rusia akan terus dilakukan. "Seperti yang anda tahu pada 29 Maret di Moskwa, dua operasi khusus dilakukan untuk menghancurkan kaum kafir," kata Umarov dalam video empat setengah menit itu.

Bom bunuh diri itu menewaskan sekira 40 orang dan 80 orang luka-luka.

Google sendiri telah mulai melakukan 'pembersihan' atas video-video yang melanggar aturan. Desakan untuk menghapus video juga datang dari pemerintah Rusia.

"Apakah Google mendukung teroris? jika memang benar, anggota keamanan Rusia harus menyelidiki aktivitas Google di Rusia," ancam Robert Shlegel, Deputi Parlemen Rusia kepada Google terkait desakan penghapusan video Umarov.

0 komentar:

Posting Komentar