Demi Israel, Senat AS Kirimi Surat Kepada Clinton

Written By Dunia Islam on Rabu, 14 April 2010 | 17.18

Tiga perempat anggota Senat AS menandatangani surat yang dikirim kepada Menlu Hillary Clinton untuk mengingatkan pemerintah AS pentingnya hubungan dengan Israel.
Dipublikasikan pada hari Selasa, surat bipartisan (didukung 2 partai, Republik dan Demokrat) diedarkan oleh Senator Barbara Boxer (D-CA) dan Johnny Isakson (R-GA) dan ditandatangani oleh 76 dari rekan-rekan mereka.

"Sejak dibentuknya Israel, pemerintah AS secara turun-temurun menghargai hubungan khusus antara ke dua negara," demikian salah satu isi surat dari Senat AS yang didukung oleh AIPAC, lobi kuat kelompok pro-Israel di Amerika.
"Dengan membantu menjaga keamanan Israel yang kuat, Amerika Serikat telah membantu mengurangi ancaman terhadap keamanan Israel dan memajukan perdamaian yang turun-temurun dikuatkan oleh pemerintah Israel."
Melihat adanya perbedaan pendapat tentang isu-siu tertentu dalam proses perdamaian di Timur Tengah, surat tersebut menyerukan pemerintah AS untuk menyelesaikannya dengan cara yang damai dan memberiman keuntungan strategis bagi persekutuan dan tidak merugikan kepentingan bersama.
"Kita tidak boleh melupakan kedalaman dan luasnya persekutuan kita dan selalu melakukan yang terbaik untuk menguatkan hubungan yang menguntungkan kedua negara yang telah terbina selama lebih dari enam dekade," demikian kesimpulan isi surat tersebut.
Dewan Perwakilan AS juga mengirim surat yang sama ke Clinton akhir pekan lalu, yang juga ditandatangani oleh lebih dari tiga-perempat dari badan legislatif yang terdiri 435 anggota.

0 komentar:

Posting Komentar