Amerika: Al Qaida Bisa Mendapatkan Senjata Nuklir Dari Pakistan

Written By Dunia Islam on Rabu, 14 April 2010 | 17.22

WASHINGTON - Amerika Serikat meyakini jika Al Qaida masih secara aktif dalam mencari bom nuklir dan ketakutan Amerika adalah jika Al Qaida bisa mendapatkannya melalui kelompok-kelompok kriminal atau dengan infiltrasi di lab nuklir Pakistan atau dari negara-negara yang punya keamanan rentan lainnya.

"Saya pikir Al Qaida sedang mencari kerentanan dan fasilitas dan persediaan nuklir di beberapa negara berbeda yang akan memungkinkan mereka untuk mendapatkan produk-sampingan dari reaktor nuklir dan bahan yang bisa mereka gunakan," kata John Brennan, kepala kontra-terorisme Gedung Putih , kepada wartawan pada hari Senin.

Kelompok itu juga melihat "untuk mengejar orang-orang yang mungkin memiliki akses ke bahan serta individu yang memiliki keahlian yang mereka butuhkan untuk dapat memproduksi sendiri dan berimprovisasi dengan perangkat nuklir," katanya dalam sebuah briefing di pertemuan Keamanan Nuklir.

"Ada bukti dari usaha mereka untuk melakukan itu. Saya ingin berpikir bahwa kita telah mampu menggagalkan keberhasilan mereka sampai saat ini," katanya ketika ditanya apakah ada bukti bahwa Al Qaida telah benar-benar berhasil melakukan itu, terutama di Pakistan.

Mencari untuk menyorot urgensi ancaman Al Qaida dalam mengejar sebuah bom nuklir, Brennan mengatakan bahwa Al Qaida sudah aktif dalam mencari bahan kunci untuk sebuah bom dan keahlian untuk merakit itu.

Ketika ditanya tentang bahaya aset nuklir Pakistan jatuh ke tangan Al Qaida, Brennan mengatakan: "Kemampuan suatu kelompok teroris untuk mencari senjata atau keahlian secara langsung berhubungan dengan kerentanan bahan-bahan tersebut."

Brennan mengatakan, "Selama bertahun-tahun, Al Qaida, termasuk beberapa anggota Al Qaida, telah mengklaim bahwa mereka telah memiliki kemampuan nuklir atau senjata. Itu belum terbukti, tetapi juga pada saat yang sama, sulit untuk menyangkal sesuatu seperti itu . "

"Tidak ada indikasi yang saya punya bahwa Al Qaida memiliki kemampuan senjata nuklir, tetapi pada saat yang sama sekalipun, saya bertekad untuk memastikan bahwa mereka tidak akan mampu memperoleh jenis kemampuan."

0 komentar:

Posting Komentar